Home » , , » Cara reset/ganti password root di MySQL

Cara reset/ganti password root di MySQL

1.    Langkah pertama untuk mereset password user root adalah menghentikan MySQL Server apabila masih berjalan, dengan cara : dari menu task manager, pilih tab Procesess, cari mysqld.exe, klik kanan dan pilih menu end process.

2.    Selanjutnya kita akan menjalankan kembali MySQL Server (menggunakan mysqld), namun dengan perintah tambahan skip-grant-tables. Buka lokasi file mysqld melalui cmd, seperti gambar dibawah ini :
Untuk memeriksa apakah MySQL Server telah berjalan, dapat dilihat dari task manager, pilih tab Procesess, dan jika ada mysqld.exe, berarti MySQL Server telah berjalan.
3.    Lalu buka CMd Baru dan Masuk sebagai root tanpa password. Saat ini MySQL Server telah berjalan dengan opsi skip-grant-tables, sehingga kita dapat masuk sebagai root tanpa password:

4.    Setelah itu, kita rubah password root dengan kode
UPDATE mysql.user SET Password = PASSWORD('password_baru') WHERE User = 'root';
Seperti gambar berikut :

Perintah tersebut adalah query UPDATE yang biasa kita gunakan untuk mengupdate sebuah record atau baris, namun yang diupdate kali ini adalah tabel user pada database mysql.

5.    Setelah perintah tersebut dijalankan, untuk merefresh tabel user, jalankan query : FLUSH PRIVILEGES; seperti gambar dibawah :


Perintah FLUSH PRIVILEGES digunakan untuk membuat MySQL Server mengupdate hak akses di tabel user. Lalu keluarlah dari MySQL.
Maka sekarang password root adalah  321456. Jika ingin menghapus passwordnya, maka tinggal kosongkan diantara tanda ‘’. Seperti gambar ini :


Dan Refresh kembali table user dengan FLUSH PRIVILEGES;
Setelah itu keluar dari MySQL Client, hentikan MySQL Server dari task manager dan jalankan MySQL Server seperti biasa. Dan masuk kembali seperti biasa dengan password yang sudah ditentukan.

1 komentar: