Home » » Sony Vaio Duo 11: Ini Ultrabook Atau Tablet?

Sony Vaio Duo 11: Ini Ultrabook Atau Tablet?

Dua pekan menuju peluncuran resmi Windows 8, sejumlah vendor terlihat saling bersaing memamerkan perangkat komputasi terbaru yang berjalan di atas platform anyar Microsoft ini. Salah satunya adalah Sony.
Dalam sebuah acara di Hotel Four Seasons, Jakarta, kemarin (10/10), Sony meluncurkan tiga portofolio terbaru yang mengusung Windows 8 di bawah lini Vaio. Masing-masing Sony Vaio Duo 11, Vaio E14P, dan Vaio T13.
Produk yang paling menarik perhatian tentu saja Sony Vaio Duo 11 yang disebut sebagai sebuah hybrid ultrabook. Mengapa demikian?
Vaio Duo 11 memang tergolong unik dari sisi desain. Pasalnya, layar LCD-nya bisa digeser ke atas untuk berfungsi layaknya ultrabook atau ke bawah menutupi keyboard sehingga berwujud seperti komputer tablet/slate.
Form factor unik dengan teknologi Surf Slider [untuk menggeser layar LCD] adalah keunggulan Duo 11,” tukas Yusuke Murasawa (Head of Product Knowledge, Sony Indonesia).
Layar sentuh LCD sebesar 11,6 inci dirancang untuk mengoptimalkan pengalaman menggunakan Windows 8 yang hadir dengan antarmuka baru. Sebagai alternatif operasional, disediakan pula sebuah pena digitizer stylus yang dapat mengenali tulisan tangan serta memudahkan pengguna untuk berkreasi.
Vaio Duo 11 memiliki ketipisan 17,75 mm dan bobot 1,3 kg. Meskipun berukuran ringkas, Duo 11 tetap membawa kekuatan khas ultrabook. Dapur pacunya diperkuat prosesor Intel Core i5-3317U, DDR3 4GB, SSD 128GB, dan konektivitas lengkap (WLAN, USB 3.0, VGA, HDMI, memory card reader).
Bagaimana dengan dua produk Vaio lainnya? Vaio E14P merupakan notebook Windows 8 dengan wujud konvensional, tapi sudah memuat layar sentuh 14 inci. Kelebihannya terletak pada prosesor Intel Core i7 dan kartu grafis Radeon hybrid yang dijamin memuaskan penikmat game dan multimedia.
Sementara itu, Vaio T13 adalah ultrabook Windows 8 yang juga hadir dengan layar sentuh 13 inci dan prosesor Intel Core i7.
Kehadiran tiga produk Vaio berbasis Windows 8 yang seluruhnya dilengkapi layar sentuh memang disengaja oleh Sony. “Kami ingin konsumen mendapatkan citra bahwa ‘Windows 8 + Touch = Vaio’,” ujar Yusuke.
Sony Vaio Duo 11, E14P, dan T13 baru akan ada di pasaran pada akhir Oktober 2012. Belum ada keterangan resmi mengenai harga jualnya. Hanya disebutkan bahwa Duo 11 dan T13 ditujukan untuk konsumen kelas bisnis, sementara T13 menargetkan kalangan mahasiswa dan pekerja kantoran.

Sumber : http://www.infokomputer.com

0 komentar:

Posting Komentar