Home » , » Kamus Istilah Komputer dan Informatika

Kamus Istilah Komputer dan Informatika

  1. Abend (Abnormal end) Penghentian sebuah program atau proses yang tidak normal diakibatkan oleh terjadinya kesalahan input data oleh user atau crash program.
  2. ABI (Application Binary Interface) Pemafaran spesifikasi perangkat keras dan sistem operasi yang sedang digunakan.
  3. AbiWord Aplikasi GNOME Office untuk mengolah kata (word processing). AbiWord tergolong dalam salah satu perangkat lunak open source yang dilisensi dengan GNU GPL (General Public License). Karena bisa digunakan sebebas-bebasnya termasuk juga melakukan modifikasi sesuai kebutuhan.
  4. Abort Perintah untuk membatalkan jalannya suatu program secara paksa dan mengembalikan ke sistem operasi.
  5. Access Kegiatan mengambil atau menyimpan data dari atau ke memori atau ke disk drive.
  6. Accessibillity Cara men-set tombol, suara, tampilan dan lain sebagainya pada sistem operasi Windows.
  7. Access Method Perangkat lunak yang mengontrol pemindahan data antara penyimpan utama dan peralatan input dan output dalam sebuah sistem.
  8. Access Time Waktu yang dibutuhkan untuk mengambil atau memasukkan data dari atau ke memori.
  9. Accessories Pada sistem operasi Windows, accessories adalah program-program tambahan, misalnya Calculator, Notepad, Wordpad, Paint, dll.
  10. Accumulator Bagian dari arithmetic unit sebuah komputer untuk menyimpan hasil dari perhitungan sementara atau beberapa operasi lain.
    Acknowledge Tanda dari terminal penerima bahwa pengiriman pesan telah sampai tanpa ada kesalahan. Acknowledge berasal dari kata Acknowledgement.
  11. Accoustic Coupler Alat sejenis modem sederhana untuk mengirim data-data komputer melalui saluran telepon. Alat ini mengubah sinyal biner menjadi sinyal akustik untuk diterima mikrofon telepon, sinyal akustik dari speaker telepon akan diubah menjadi sinyal digital. Kamus Istilah Komputer dan Informatika
  12. ACL (Access Control Unit) Metode untuk membatasi penggunaan layanan secara selektif yaitu dengan membuat daftar layanan mana yang boleh diakses maupun yang tidak oleh host tertentu.
  13. ACPI (Advanced Configuration Power Interface) Sebuah teknologi yang memungkinkan sistem operasi mengontrol jumlah daya listrik yang digunakan oleh setiap perangkat yang dipasang pada komputer. Biasanya disediakan agar perangkat tersebut menghemat energi. ACPI ini adalah interface dan ditujukan untuk perangkat lunak dan perangkat keras. Sistem operasi yang mampu melakukan konfigurasi dan power management terhadap sistem, sering disebut dengan Operating System-directed configuration and Power Management (OSPM). ACPI bersama OSPM ini melakukan power management dengan konsep bahwa suatu sistem akan menghemat energi dengan mengubah suatu peralatan yang sedang tidak digunakan oleh sistem ke kondisi yang menggunakan sedikit daya (lowed power state). Konsep ini juga berlaku untuk keseluruhan sistem, membuat keseluruhan sistem berada pada kondisi yang menggunakan sedikit daya (sleeping state). Beberapa sleeping state yang tersedia antara lain : 
    1. S1 Sleeping State Suatu sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang rendah. Pada S1 sleeping state tidak ada system context yang hilang, tidak pada prosesor maupun chipset.
    2. S2 Sleeping Stat Suatu sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang rendah seperti halnya S1 sleeping state, hanya saja pada S2 sleeping state ini prosesor context dan system cache context menjadi hilang. Sistem operasi yang akan bertanggung jawab mempertahankan context dari prosesor dan cache tersebut.
    3. S3 Sleeping State Suatu sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang rendah juga, namun semua system context kecuali pada memori utama akan hilang. S3 sleeping state ini sering pula disebut dengan suspend to RAM.
    4. S4 Sleeping State Suatu sleeping state yang bila dibangunkan akan memiliki tingkat penundaan yang tinggi (tertinggi yang didukung oleh ACPI) dan memiliki tingkat penggunaan daya yang paling rendah (terendah yang didukung oleh ACPI). Pada S4 sleeping state ini dianggap semua hardware dimatikan, hanya saja context-nya tetap dipertahankan. S4 sleeping state ini sering pula disebut dengan suspend to disk.
    5. S5 Sleeping State S5 soft off ini memiliki kesamaan dengan S4 sleeping state, hanya saja sistem operasi tidak menyimpan context apapun
  14. Active Task Button Tombol perintah yang terletak pada taskbar yang akan muncul jika sebuah perintah harus dieksekusi.
  15. Active Segala sesuatu yang berhubungan dengan setiap alat atau sistem yang sedang digunakan saat ini.
  16. ActiveX Lingkungan pemrograman yang dilakukan oleh Microsoft untuk menciptakan sistem yang aktif pada halaman Web, yang juga mendukung Java, JavaScript, Visual Basic dan bahasa-bahasa pemrograman lainnya yang semuannya itu terbatas dan hanya dapat digunakan pada Internet Explorer.
  17. Adapter
  18. Semacam card atau board, misalnya printer adapter.
  19. ADC (Analog/Digital Converter) Alat yang dipakai untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.
  20. Add-in 1. Peralatan tambahan yang dipasangkan pada salah satu board yang tersedia. 2. Program-program pendukung yang ditambahkan pada sebuah program aplikasi.

Untuk Kamus Lengkapnya bisa di Download disini. 

Sumber : http://ilmukomputer.org



2 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus
  2. Artikelnya bangus, pengen cari kerja IT, silahkan ke http://www.findgeek.com, disini banyak informasi lowongan kerja IT.

    BalasHapus